Penemu Lembah Liem Nov25

Tags

Related Posts

Share This

Penemu Lembah Liem

Richard Archbold memimpin Ekspedisi ke Papua untuk American Museum of Natural History pada th. 1938 – 1939, melibatkan ilmuwan Amerika dan Belanda serta mendapatkan dukungan dari militer dibawah pimpinan Generalen Staaf Capitein C.G.J. Teerink dan Luitenant der Infanterie J.E.M van Arcken, ditambah bantuan tenaga untuk mengangkat barang dari suku Dayak Kalimantan.

Dalam ekspedisinya,Ia menemukan sebuah lembah besar, yang saat ini dikenal sebagai Lembah Baliem di Papua. Sejak penemuan itu, secara bertahap lembah mulai dikunjungi sebagai salah satu objek wisata di Papua.

 Terletak di pegunungan Jayawijaya, di ketinggian 1600 meter dari permukaan laut, Lembah Baliem dikelilingi pegunungan dengan pemandangan yang luar biasa indah. Kealamiannya juga masih terjaga.
Bagi wisatawan asing, lembah ini lebih dikenal dengan sebutanGrand Baliem Valley. Lembah sepanjang 80 km dengan lebar 20 km ini ditinggali sekitar 100.000 jiwa. Terdiri dari Suku Dani yang menempati Desa Wosilimo, Suku Yali dan Suku Lani yang tinggal di desa sebelahnya.

Sumber : http://mmzrarebooks.blogspot.com/2013/04/laporan-asli-ekspedisi-archbold-ke-papua.html